MK. MEDIA PEMBELAJARAN
RESENSI BUKU
TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PEMBELAJARAN
OLEH
AHMAD
PADHILLAH PRATAMA
102514018
S1
JURUSAN
PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVESITAS
NEGERI MAKASSAR
2013
Resensi Buku Media
Pembelajaran
Judul : Teknologi
komunikasi dan informasi pembelajaran
Pengarang : Prof. Dr. H. Hamzah B. Uno. M.Pd. dan
Hj. Nina Lamatengngo, S.E, M.Pd.
Penerbit : PT. Bumi Aksara
Terbit : Juni 2011
Halaman : 237
Harga Buku : Rp. 45.000
Selama kurang lebih empat puluh tahun bidang teknologi
pembelajaran secara berkala mengalami proses pengkajian diri yang dilakukan
secara kolektif. Pengkajian itu menghasilkan berbagai pernyataan professional
tentang jati dirinya. Pada tahun 1963 usaha pengkajian tersebut menghasilkan
defenisi resmi yang pertama mengenai bidang. Defenisi tersebut telah beberapa
kali diperbaharui, dan selalu member arah baru bagi bidang tersebut. Semenjak
adanya defenisi resmi tujuh belas tahun yang lalu, maka terjadi perubahan besar
dalam profesi dan teknologi. Sebagai akibatnya proses pengkajian perlu diulang
kembali. Hasil analisis bersama ini menghasilkan defenisi bidang tahun 1994
seperti yang dikemukakan berikut. Buku menelaah dimensi defenisi yang baru
serta implikasinya dalam teori dan praktek.
Pada buku ini juga dikemukakan bahwa agar defenisi dapat
dirumuskan, terlebih dahulu harus ada ketentuan tentang lingkup, tujuan,
pandangan, sasaran serta karakteristik utama yang harus dijadikan pertimbangan.
Asumsi dasar penyusunan defenisi tahun 1994 adalah sebagai berikut:
·
Teknologi
pembelajaran telah berkembang dari suatu gerakan menjadi suatu bidang dan
profesi.
·
Defenisi yang
disempurnakan harus mencakup semua wilayah kegiatan kaum ilmuan maupun
praktisi.
·
Proses maupun
produksi sangatlah penting dalam bidang pembelajaran.
Pandangan lain dari buku ini
tentang peran teknologi informasi dalam bidang pendidikan dimana kecenderungan
dunia pendidikan di Indonesia pada masa mendatang yaitu:
·
Berkembangnya
pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (distance learning).
Kemudahan menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukkan
sebagai strategi utama.
·
Penggunaan perangkat
multimedia sekarang ini sangat membantu terjadinya proses pembelajaran yang
lebih efektif dan efisien.
Pada kajian buku ini berpijak pada defenisi
pembelajaran sebagai upaya membelajarkan siswa, dan proses belajar sebagai
pengaitan pengetahuan baru pada struktur kognitif yang sudah dimiliki peserta
didik. Pengaitan-pengaitan ini akan membentuk struktur kognitif yang baru dan
lebih mantap, yang dapat dipandang sebagai hasil belajar. Konsepsi-konsepsi ini
akan menjadi pijakan dalam identifikasi dan pengembangan strategi pembelajaran
yang telah diuraikan pada buku ini.
Salah
satu bagian dari pada buku ini juga memaparkan jenis dan klasifikasi media
pembelajaran. Yang mana Klasifikasi tersebut diambil dari teori yang
dikemukakan oleh Heinich dan kawan-kawan yaitu:
Ø Klasifikasi yang tidak diproyeksikan (non project media)
dengan jenis media realita, model, bahan garfish (Graphic material), dan
display.
Ø Klasifikasi media yang diproksikan (Projected media)
dengan jenis media OHT, Slide, dan Opaque.
Ø Klasifikasi media audiao dengan jenis media audio kaset,
audio vision, dan active audio vision.
Ø Klasifikasi media Video dengan jenis media adalah video
pula.
Ø Klasifikasi media berbasis computer (computer based
media) dengan jenis media Computer Assisted Intruction (CAI) Computer Managed
Instruction (CMI).
Kelebihan
dari buku lini adalah yang pertama dilihat dari tampilan ataupun sampul dari
buku itu sendiri sangat menarik dengan perpaduan warna yang baik serta tampilan
gambar yang memperlihatkan bola dunia, dimana dapat memaparkan bayangan tentang
isi buku bahwa betapa pentingnya kita menguasai media pembelajaran yang salah
satunya adalah Teknologi Komunikasi dan Informasi,
diharapkan dengan itu kita menjadi generasi yang bias menggenggam dunia. Selain
daripada itu ditinjau dari kalimat yang digunakan, isi buku ini cukup mudah
dipahami oleh pembacanya Karena kalimat yang digunakan merupakan kalimat yang
umum digunakan.
Kekurang
dari buku ini adalah penulis lebih banyak membahas tentang perkembangan
teknologi komunikasi dan informasi daripada membahas tentang penggunakaan media
yang digunakan pada proses pembelajaran.
Media
pembelajaran merupakan suatu komponen penting mendukung sehingga terjadinya
proses pembelajaran yang efisien dan efektik. Dan tidak dipungkiri bahwasanya media
sangat erat kaitannya dengan pembelajaran karena dengan adanya media
pembelajaran mempermudah terciptanya pembelalaran yang mana juga dapat menarik
minat peserta didik jikalau sajian pembelajaran dengan media cukup baik.
0 opmerkings:
Plaas 'n opmerking